Rafting Di Batu Malang – Kaliwatu Rafting

rafting di batu malang

rafting di batu malang, kaliwatu rafting, batu rafting, rafting kaliwatu,Rafting Di Batu Malang

Kaliwatu rafting kota wisata batu malang sebuah provider yang bergerak dalam bidang jasa kususnya di wisata air atau arung jeram.sungai yang di gunakan adalah sungai brantas daerah hulu.karena daerah hulu pasti pada waktu melakukan kegiatan rafting di kaliwatu rafting akan menemui banyak bebatuan.Tetapi meskipun banyak bebatuan anda tidak perlu kawatir, dikarenakan saat anda melakukan kegiatan rafting di kaliwatu rafting anda akan di bekali standart pengaman yang di wajibkan untuk melakukan kegiatan arung jeram, untuk standart pengaman yang wajib di pakai adalah helm dan pelampung. Fungsi dari helm tersebut adalah untuk melindungi kepala dari ranting pepohonan apa bila ada ranting yang menjulur ke arah lintasan jalur yang digunakan untuk kegiatan arung jeram di kaliwatu rafting.Dan helm berfungsi juga untuk menahan benturan dari bebatuan semisal kita terpental atau terjatuh dari perahu.Dan fungsi dari pelampung sendiri adalah untuk menahan tubuh kita agar tidak tenggelam di tempat yang dalam semisal perahu kita terbalik atau kita terpental dari perahu. Nah anda tidak perlu kawatir kan….karena untuk berwisata arung jeram di kaliwatu rafting selain anda sudah di bekali pelampung dan helm anda akan di pandu oleh guide yang ramah dan berpengalaman di bidang arung jeram, tentunya terbaliknya perahu atau jatuhnya seseorang waktu melakukan kegiatan arung jeram semuanya tergantung amal dan perbuatan kita masing-masing…hehe… ( celoteh pemandu wisata rafting di kaliwatu ) hehe…

Selain anda akan menemui banyak bebatuan saat pengarungan, anda akan di suguhkan oleh pemandangan yang sangat indah.Mulai dari pepohonon dan tebing yang berada di pinggir sungai lintasan arung jeram kaliwatu rafting. Dan anda akan menikmati keseruan jeram-jeram yang di gunakan untuk wisata rafting. Dan ada beberapa jeram unggulan yang di beri nama jeram tora sudiro dan aura kasih. Ya mungkin dikatakan jeram tora sudiro karena jeramnya keren mungkin yaa…Dan kalau jeram aura kasih boleh dibilang…. Emm jeramnya lumayan seksi mungkin. Hehe….Selain 2 jeram itu anda akan berada di suatu lokasi yang di gunakan untuk beristirahat sejenak, Tempat itu juga ada namanya loo…. Nama tempat itu adalah sumber cilik ( sumber air kecil ) atau sumber awet muda. Karena disana ada beberapa sumber air kecil yang bisa langsung di minum. Konon kata penduduk sekitar yang berada dekat dengan sumber cilik atau sumber awet muda tersebut, apa bila di minum dan membasuh muka anda dengan air dari sumber awet muda anda akan menjadi awet muda. Hehe…. Ya ini hanya sekedar mitos saja. Bisa jadi  iya dan bisa jadi tidak.Selain di gunakan untuk tempat istirahat para rafter saat melakukan pengarungan di kaliwatu rafting, tempat tersebut juga di gunakan sebagai lokasi foto yang menarik juga. Di samping ada kucuran sumber-sumber air kecil di sana juga ada banyak dedaunan yang menjulur kesungai dari tebing sebagai background untuk foto. Jadi lokasi tersebut sangat cocok buat istirahat dan foto.

Sebelum melakukan pengarungan anda akan di beri pengarahan untuk SOP pengarungan rafting di kaliwatu dan anda akan di bagi menjadi beberapa kelompok. Di setiap kelompok akan di isi 4 orang dan satu pemandu atau guide rafting. Setelah penjelasan SOP dan pembagian kelompok anda akan diajak untuk memakai standart pengarungan yang wajib digunakan helm, pelampung dan dayung sebagai peralatan pendukung pengarungan rafting di kaliwatu rafting. Tetapi untuk dayung sendiri tidak diwajibkan, dikarenakan untuk kecelakan pada arung jeram sendiri , biasanya terjadi karena penggunaan alat yang salah. Contoh peralatan dayung yang salah penggunaannya : dayung di buat pukul-pukulan, haha, dayung di buat menahan benturan supaya perahu tidak terbentur ketebing dan yang terjadi waktu laju perahu sangat kencang tangan kita tidak kuat menahan dayung teman disamping kita bisa jadi sasaran terkena dayung. Tetapi kalau memang yakin untuk membawa dayung ada aturan yang  wajib di ikuti. Sebelum penjelasan aturan dayung, anda wajib tau bagian bagian dari dayung. Dayung sendiri ada tiga bagian yaitu : T-Grip , Gagang dan Bilah. Nah untuk aturan cara pegang dayung :

  1. Genggam T-Grip dengan posisi ibu jari di bawah T-Grip
  2. Genggam gagang dan ukur dengan siku kita masing-masing untuk menggenggamnya atau satu jengkal dari bilah.

Untuk aturan dan aba-aba mendayung :

  1.  Forward (Maju)
    Instruksi yang diberikan untuk dayungan maju, dilakukan oleh seluruh peserta dengan menarik blade/bilah dayung yang berada didalam air kearah belakang searah perahu. Posisi blade/bilah dayung saat menyentuh air adalah tegak lurus terhadap permukaan atau mendekati 90 derajat. Pada saat keluar dari air, dayung diarahkan sejajar dengan permukaan; berputar mendekati 90 derajat hingga bilah dayung kembali menyentuh air. Gerakan ini dilakukan berulang-ulang sampai ada instruksi lanjutan.
  2.  Backward (Mundur)
    Instruksi yang diberikan untuk dayungan mundur, dilakukan oleh seluruh peserta dengan menarik blade/bilah dayung yang berada di dalam air ke arah depan searah perahu. Posisi blade/bilah dayung saat menyentuh air adalah sejajar dengan permukaan air. Begitu pun saat keluar dari air, dayung diarahkan sejajar dengan permukaan; berputar hingga bilah dayung kembali menyentuh air. Gerakan ini dilakukan berulang-ulang sampai ada instruksi lanjutan.
  3.  Turn Left (Belok Kiri)
    Instruksi untuk membelokkan perahu ke arah kiri. Gerakan ini dilakukan dengan dayungan maju oleh peserta yang duduk pada perahu bagian kanan, sementara peserta pada kiri perahu stop mendayung. Jika skipper merasa perlu untuk membelokkan perahu ke kiri dengan cepat, maka posisi peserta yang duduk pada bagian kiri melakukan dayungan mundur.

Untuk memperjelas instruksi, biasanya skipper akan mengatakan “kanan-maju” dan “kiri-mundur”! Artinya, peserta yang duduk pada bagian kanan melakukan dayungan maju, sementara peserta pada bagian kiri melakukan dayungan mundur.

  1.  Turn Right (Belok Kanan)
    Instruksi yang diberikan untuk membelokkan perahu ke arah kanan; kebalikan dari instruksi turn left (belok kiri). Gerakan ini dilakukan dengan dayungan maju oleh peserta yang duduk pada perahu bagian kiri, sementara peserta pada bagian kanan stop mendayung.

Jika skipper merasa perlu membelokkan perahu ke kanan dengan cepat, posisi peserta yang duduk pada bagian kanan melakukan dayungan mundur. Untuk memperjelas instruksi, biasanya skipper akan mengatakan “kiri-maju” dan “kanan-mundur”! Artinya, peserta  yang duduk pada bagian kiri melakukan dayungan maju, sementara peserta yang duduk pada bagian kanan melakukan dayungan mundur.

  1.  Stop (Berhenti)
    Instruksi yang diberikan untuk menghentikan dayungan; semua dayung tidak berada dalam air, digenggam dengan posisi di atas pangkuan.

Kaliwatu rafting memiliki 2 lintasan untuk wisata arung jeram. Ada yang jarak pengarungan 7Km dan 9 Km.untuk jarak 7Km di tempuh dengan waktu 1,5Jam dan jarak 9Km ditempuh dengan waktu 2Jam.Untuk harga rafting trip 7km dikenakan biaya Rp.180.000,- / Pax dan untuk harga rafting trip 9Km dikenakan biaya Rp.200.000,- / Pax. Harga diatas dengan asumsi minima 4 Pax. Harga Tersebut sudah include 1x makan, 1x snack, guide rafting, rescue rafting, local transport, dan medis. Untuk menu makan sendiri adalah menu makan tradisional kas desa. Meliputi : Nasi putih, ayam bakar, ikan asin, sayur lodeh, sayur lodeh, sayur urap-urap, tempe goreng, bakwan jagung, sambal,kerupuk, teh, kopi, air  mineral. Untuk barng yang perlu dibawa sebelum berkunjung ke kaliwatu rafting untuk melakukan kegiatan wisata arung jeram, anda di wajibkan membawa baju, celana siap basah, sepatu atau sandal gunung, baju ganti, baju hangat, dan peralatan mandi. Jangan lupa peralatan make up hehehe.

Bagaimana penasaran kan…. Untuk merasakan sensasi wisata arung jeram dan makan dengan menu makan ala pedesaan….hehe. segera atur jadwal anda bersama teman kerja, keluarga, teman-teman tercinta atau bahkan kekasih anda. Haha. Oh ya rafting di kaliwatu juga melayani paket untuk rafting berdua saja jadi tidak harus 4 orang. Tetapi harga akan lebih mahal kalau hanya untuk berdua saja, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp.225.000,- jarak 7Km dan Rp.300.000,- jarak 9Km.

Di kaliwatu rafting sendiri juga mempunyai Learning centre, yang di beri nama apple sun learning centre.Di sana ada beberapa fasilitas diantaranya penginapan model barak, hall, 14 kamar mandi, resto, lahan outbound, lahan paintball, lahan parkir luas dan masjid. Jadi anda tidak usah kawatir apabila anda ingin wisata rafting dan menginap. Ada pun harga untuk menginap anda akan dikenakan biaya sebesar Rp.140.000,- / pax. Harga tersebut sudah include 3x makan dan jagung bakar malam hari.

Untuk info lebih detail dan booking/pemesanan bisa menghubungi customer servis Batu Rafting :

Office center surabaya : 031-99700791 / 085649658600

Ofice center batu : 0341 – 594175 / 081333484638